free hit counter code

Bagus Mana, Belanja di Toko Online atau Marketplace?

Home / Uncategorized / Bagus Mana, Belanja di Toko Online atau Marketplace?

Bagus Mana, Belanja di Toko Online atau Marketplace?

Belanja di toko online atau marketplace,- Belanja online sudah menjadi sebuah tren di Indonesia. Dengan berbagai kemudahannya, proses belanja online membuat kita lebih mudah untuk mencari berbagai keperluan sehari-hari. Jika ingin membeli sebuah produk yang dibutuhkan, kita hanya cukup membuka laptop atau smartphone yang terhubung dengan internet maka proses pencarian dan pembelian barang yang kita inginkan dapat ditemukan dengan sangat mudah.

Seiring dengan banyak situs belanja online yang di tawarkan membuat semakin banyak orang di Indonesia yang merasa lebih nyaman untuk belanja secara online. Mereka semakin menyadari kemudahan dan praktisnya belanja secara online. Meskipun demikian, banyak juga masyarakat yang masih bingung untuk memilih belanja online yang aman dan terpercaya. Apakah belanja di toko online atau marketplace?

Kelebihan dan Kekurangan Belanja di Toko Online dan Marketplace

Sekilas, toko online dan marketplace terlihat sama karena termasuk dalam situs belanja online. Namun taukah anda, bahwa sesungguhnya toko online dan marketplace itu berbeda. Perbedaan konsep antara keduanya sangat mendasar terkait hubungan antara konsumen dengan produsen dan juga cara kerjanya. Selain itu toko online dan marketplace juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ulasannya:

Belanja di Toko Online

kelebihan-dan-kekurangan-toko-online

Toko Online atau Online Shop merupakan sebuah tempat belanja dimana seorang penjual membuka sebuah toko di dunia maya dan dikendalikan jarak jauh atau secara elektronik. Toko yang memiliki konsep demikian bisa jadi memiliki official store tapi ada juga yang tidak memilikinya, semuanya tergantung dari pemilik toko online itu sendiri.

Tidak seperti marketplace, pada toko online ini hanya memiliki 1 orang penjual dan orang tersebut memiliki bisnis online sendiri. Membuat sebuah toko online bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi ketika akan memulainya, diperlu keahlian khusus. Mulai dari desain, coding, komunikasi lisan dan yang terpenting komunikasi tulisan agar toko online bisa menang di keyword google yang butuh ketekunan tersendiri. Membangun kepercayaan konsumen sangat di utamakan dalam toko online sehingga belanja di toko online rawan penipuan.

Kelebihan Belanja di Toko Online :

  1. Tidak terikat tempat dan waktu, terutama bagi anda orang yang sibuk sehingga tidak sempat berbelanja dengan mendatangi ketoko.
  2. Banyak pilihan toko online yang menyediakan ragam produk yang anda inginkan
  3. Lebih banyaknya pilihan produk atau grup barang yang dijual, sehingga tertata lebih rapi dan mudah dicari oleh calon pembeli
  4. Menghemat waktu dan tenaga, anda tidak perlu berkeliling mal atau toko, anda cukup meluangkan waktu sebentar dengan membuka internet dan tentu saja anda akan terhindar dari kemacetan jalan raya
  5. Harga barang yang ditawarkan toko online biasanya jauh lebih murah dari yang bisa kita dapatkan di mall.
  6. Anda dapat membandingkan produk dan harga dengan toko online lainnya, sehingga lebih banyak pilihan.
  7. Proses belanja yang mudah, cukup memesan barang, dan pembayaran biasanya dapat melalui internet-mobile banking atau ATM dan tinggal menunggu barang dikirim.

Kekurangan Belanja di Toko Online :

  1. Fisik dan kualitas barang tidak sesuai dengan yang diharapkan, karena kita hanya dapat melihat melalui foto yang ada di website.
  2. Dikenakan biaya transportasi, sehingga ada biaya tambahan. Namun terkadang ada juga toko online yang memberikan promo free ongkir
  3. Tidak dapat melihat dan mencoba secara langsung barang yang dipesan.
  4. Butuh waktu agar barang sampai ditempat anda karena proses pengiriman

Itulah kekurangan dan kelebihan belanja di toko online. Namun untuk belanja di toko online kadang Anda harus sabar jika saat menelphone tidak diangkat atau sms/chat Anda lama tidak dibalas. Maklum pelayanannya masih manual dengan kata lain masih dilayani manusia. Mungkin juga, bisa jadi saat itu penjual atau costumer service-nya sedang mengerjakan urusan lain atau sedang melayani pelanggan yang lain jadi responnya agak lama.

Belanja di Marketplace

marketplace

Marketplace merupakan suatu tempat di internet dimana banyak pihak berkumpul untuk melakukan proses transaksi jual beli, ada yang ingin mencari suatu barang dan ada pihak lain yang sedang ingin menjual barang. Secara konvensional, konsep marketplace bisa dianalogikan seperti pasar tradisional dimana banyak orang berkumpul di tempat tersebut untuk melakukan transaksi jual beli. Pihak penyedia marketplace hanya bertindak sebagai fasilitator yang mewadahi pertemuan dan transaksi legal antara pihak penjual dan pihak pembeli. Marketplace yang sudah terkenal di Indonesia antara lain: tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, elevania dan masih banyak lagi marketplace lainnya.

Meskipun banyak marketplace yang sudah terkenal, namun ada kelebihan dan kekurangan belanja online di marketplace yang perlu Anda ketahui. Apa saja kelebihan dan kekurangannya akan dijelaskan dibawah ini.

Kelebihan Belanja di Marketplace:

  1. Uang yang anda bayarkan belum bisa diterima penjual sampai anda menyatakan proses pembelian selesai.
  2. Ketika barang sampai dan Anda merasa barang tidak sesuai dengan deskripsi, bahkan tidak sesuai yang Anda cari, bisa komplain dan barang dikembalikan ke penjual dan uang dikembalikan ke Anda sepenuhnya
  3. Tersedia banyak produk sehingga anda leluasa untuk membeli produk yang anda sukai dan membandingkan harga
  4. Proses belanja bisa lebih cepat jika anda mempunyai punya saldo pada market place.Tinggal klik dan otomatis proses belanja selesai.
  5. Harga jual di marketplace lebih murah karena persaingan harga di marketplace sangat ketat
  6. Semua bisa dilayani oleh mesin. Sehingga Anda tidak perlu menunggu respon penjual untuk melakukan transaksi yang mungkin sedang sibuk atau tidak sedang online
  7. Banyaknya promo yang ditawarkan oleh marketplace sehingga lebih hemat

Kekurangan Belanja di Marketplace:

  1. Persaingan yang tidak wajar sering terjadi akibat banyaknya penjual dengan barang yang sama/sejenis. Untuk bisa menetapkan harga murah, tak segan-segan penjual akan menjual barang KW. Hal ini jelas akan merugikan pembeli.
  2. Kemudahan menjual barang di marketplace tanpa harus membangun brand juga rentan akan penjualan barang-barang palsu.
  3. Pembeli tidak akan mendapatkan edukasi yang cukup karena penjual hanya fokus menjual.
  4. Kurangnya interaksi antara penjual dan pembeli.
  5. Sulitnya mendapatkan gambaran detail tentang barang yang tidak biasa dipakai pembeli atau dipakai secara umum. Bahkan bisa jadi pembeli mendapatkan barang palsu tapi tidak tahu karena tidak bisa membandingkannya dengan yang asli.
  6. Penjual di marketplace belum tentu mempunyai toko online sendiri, padahal belum dikatakan penjual online kalau belum punya toko online atau website sendiri

Pilih Mana, Belanja di Toko Online atau Marketplace?

Dari ulasan diatas, sekarang pasti Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan antara toko oline dan marketplace. Lantas, lebih efektif mana untuk belanja di toko oline atau marketplace? Hal ini tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan Anda. jika Anda merasa dengan bertanya pada penjual banyak menghabiskan waktu. Anda bisa mencoba berbelanja di marketplace yang memiliki harga pas, tidak ada tawar menawar dan langsung transfer setelah mengklik tombol “beli”

Belanja-Online

Sebaliknya, jika Anda merasa lebih nyaman untuk berbelanja online dengan menanyakan secara langsung kepada penjual, Anda bisa mencoba belanja di toko online. Jangan lupa untuk memastikan online shop yang Anda pilih bukanlah online shop “abal’abal” alias penipu. Anda bisa mempelajari tips aman berbelanja di toko oneline agar terhindar dari penipuan.

Toko Online memiliki nilai lebih dan juga meyakinkan dibandingkan dengan berbelanja di Marketpalce. Toko Online Terpercaya memang bertujuan untuk memiliki brand sehingga mudah bagi pembeli untuk mengingatnya, Toko Online juga dibangun secara susah payah sehingga tidak mungkin dipakai untuk menipu.

Belanja pada toko online lebih minim kemungkinannya penjual melakukan penipuan

Hal ini dikarenakan untuk menjaga reputasi atau nama baik toko online, yang mana menjadi hal utama bagi pemilik toko online. Mengingat membangun sebuah toko online tidaklah mudah, perlu keahlian. Mulai dari desain, coding, komunikasi lisan dan yang terpenting komunikasi tulisan agar toko online bisa menang di keyword google yang butuh ketekunan tersendiri.

Keputusan ada di tangan Anda. Baik belanja di toko online atau marketplace semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Boleh boleh saja anda membeli barang secara online dengan mencari tawaran paling baik. Meski biaya pengiriman sudah disertakan, kebanyakan harga di toko online lebih rendah. Tidak semua toko online berkompetisi dalam harga, ada yang lebih mengutamakan kualitas produk dan layanan pelanggan. Happy shoping….

Komentar

Komentar

penyembuhan alternatif 123
penyembuhan alternatif 123
Pusat Kllinik Penyembuhan, Pengobatan Alternatif dan Kesehatan dengan Metode Herbal dan Terapi Gelombang Otak

Start typing and press Enter to search

obat kuat herbal terbaik5produk