free hit counter code

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Trimester Pertama

Home / Kesehatan / Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Trimester Pertama

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Trimester Pertama

cara mengatasi mual saat hamil muda,- Rasa mual dan muntah merupakan hal yang wajar terjadi saat kehamilan, terutama pada saat usia hamil masih muda berada pada trimester pertama. Rasa mual ini biasanya terjadi pada waktu pagi hari, terutama pada saat bangun pagi dan setelah sarapan.

Meskipun begitu tidak bisa dipungkiri bahwa mual ini juga dapat terjadi pada waktu siang dan juga malam hari. Akibat dari intensifitas dan waktu yang tidak bisa diprediksi inilah akhirnya perasaan mual yang disertai muntah ini kerap kali mengganggu keseharian Ibu Hamil. Inilah yang mendorong banyak Ibu hamil mencari cara mengatasi mual saat hamil muda.

Dalam dunia kedokteran ada istilah lain dalam mewakili rasa mual saat hamil muda yaitu morning sickness, yaitu sebuah kondisi dimana hormon tubuh tidak seimbang yang menyebabkan Ibu hamil mengalami mual dan muntah.

Penyebab morning sickness menurut para ahli ada berbagai macam faktor, salah satunya seperti yang sudah disebutkan tadi, yaitu dikarenakan perubahan hormon estrogen yang memicu asam lambung naik dan menyebabkan muntah.

Berikut ini adalah faktor lain yang menjadi penyabab mual hamil muda (morning sickness).

  • Hormon Hcg (Human chorionic gonadoptrin)

Hcg merupakan hormon yang terbentuk dari ari-ari janin dan hanya terbentuk semasa kehamilan saja. Dengan diproduksinya hormon ini dalam tubuh akan mempengaruhi hormon lainnya, diantarnya hormon estrogen dan progeteron yang dapat menyebabkan mual.

  • Indra Penciuman

Saat masa kehamilan, kemampuan indera penciuman wanita akan meningkat secara signifikan. Akibat yang ditimbulkan adalah sesitifitas yang meningkat terhadap bau dan dapat memicu rasa mual saat hamil muda.

  • Stres

Kehamilan yang pertama biasanya akan lebih banyak morning sickness dibandingkan dengan kehamilan berikutnya. Hal ini terjadi karena tekanan yang dirasakan wanita pertama kali hamil sangat berat hinga terjadi stres. Akibat dari hal tersebut adalah kondisi psikologi yang buruk dan berdampak pada intensitas mual hamil muda.

Lalu, Apakah Mual Saat Hamil Itu Berbahaya?

Memang benar bahwa mual saat hamil muda (morning sickness) adalah hal  yang wajar, akan tetapi hal itu tetaplah membahayakan, apalagi jika sampai pada rasa mual yang intens dan selalu terjadi. Itulah mengapa akhirnya para ahli medis menerapkan batasan normal dalam mual saat hamil muda (morning sickness), yaitu:

  • Setiap selesai makan dan minum akan disertai rasa mual
  • Ada campuran berkemih pada urin yang dikeluarkan
  • Merasa lemas dan lesu

Disaat Anda mengalami hal diatas, maka bisa dipastikan Anda mengalami morning sickness tingkat lanjut, yang disebut dengan hiperemisi gravidarum. Jika Anda sudah sampai pada tahap ini, maka diperlukan pengangan mengatasi mual hamil saat muda dengan segera dan sigap agar tidak bertambah membahayakan.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Cara mengatasi mual saat hamil muda atau morning sickness sangatlah penting untuk diketahui oleh Ibu hamil, karena dapat dilakukan sebagai penganan dan pencegahan terhadap mual yang berlebihan. Selain itu juga bermanfaat dalam menjaga bayi dalam kandungan.

Berikut adalah beberapa tips mengatasi rasa mual saat hamil muda tersebut.

  1. Beristirahat dengan cukup karena kelelahan dapat memperparah morning sickness. Ketika sudah bangun, jangan terburu-buru untuk bangkit dari tempat tidur.
  2. Ketika bangun tidur di pagi hari, bahkan sebelum beranjak dari tempat tidur, langsung makan sedikit roti kering. Lakukan juga ketika terbangun pada malam hari.
  3. Minum air putih yang cukup. Minumlah secara perlahan-lahan agar tidak mual.
  4. Minumlah minuman yang hangat, jangan yang dingin atau dengan rasa serta aroma yang terlalu tajam.
  5. Sebaiknya jangan memakan makanan yang panas karena baunya akan lebih tercium dibanding ketika makanannya sudah lebih dingin.
  6. Pilihlah makanan yang tinggi kandungan protein dan karbohidrat serta mudah dicerna, misalnya keju, cracker, susu dan yogurt, selai kacang, atau apel.
  7. Hindari makanan yang berlemak atau berminyak, dan pedas.
  8. Sebaiknya makan dengan porsi sedikit tetapi sering daripada porsi besar sekaligus. Ibu hamil dapat mengonsumsi kudapan setiap 1-2 jam setiap harinya.
  9. Konsumsilah jahe atau produk berbahan dasar jahe seperti minuman jahe atau permen jahe untuk mengurangi rasa mual.
  10. Hindari makanan atau bau-bauan yang dapat memicu rasa mual.
  11. Hiruplah udara segar. Ibu hamil dapat berjalan-jalan di luar rumah pada pagi hari atau sore hari untuk mendapat udara segar. Jangan lupa untuk membuka jendela agar sirkulasi udara di dalam rumah baik.
  12. Menjauhlah dari asap rokok. Sebisa mungkin jangan ada anggota keluarga yang merokok di dalam rumah. Ibu hamil juga tidak boleh merokok.
  13. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 seperti biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  14. Konsumsi suplemen seperti vitamin B6 dengan pengawasan dokter.
  15. Jangan terlalu memikirkan morning sickness. Alihkanlah perhatian Anda pada aktivitas ringan yang menyenangkan.

Demikianlah cara mengatasi mual saat hamil muda (morning sickness). Kehamilan memang berat untuk dijalani, tapi percayalah dibalik perjuangan yang berat itu terdapat sebuah anugerah yang berharga, Anda akan mengetahuinya ketika sudah melahirkan. Semoga tips mengatasi mual saat hamil muda ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Mengatasi Gangguan Kehamilan, cara mengatasi mual saat hamil muda, tips mengatasi mual saat hamil muda

Komentar

Komentar

penyembuhan alternatif 123
penyembuhan alternatif 123
Pusat Kllinik Penyembuhan, Pengobatan Alternatif dan Kesehatan dengan Metode Herbal dan Terapi Gelombang Otak

Start typing and press Enter to search

kadar gula darah normal, makanan penurun kadar gula, cara menurunkan gula darah tinggi, makanan penurun gula darah tinggi, cara mengurangi kadar gula dalam darah, menurunkan kadar gula darah dengan cepat, cara mengontrol gula darahpantangan untuk ibu hamil, pantangan ibu hamil menurut islam, pantangan ibu hamil 4 bulan, pantangan ibu hamil adat jawa, pantangan ibu hamil 2 bulan, buah pantangan ibu hamil, mitos ibu hamil dalam islam, pantangan ibu hamil 9 bulan, makanan terlarang untuk ibu hamil